Tips Dapat Teman Cewek atau Cowok Luar Negeri di OME TV

Aplikasi Ome TV semakin terkenal di Indonessia sejak banyak youtuber yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat konten. Apalagi pasca viralnya percakapan antara Fiki Naki dan Dayana yang membuat banyak orang baper. Kemudian kesal karena hubungan mereka tidak harmonis gegara persoalan endorsement dari sponsor.

Selain Fiki Naki, youtuber yang digemari ada Heriss Dirgantara, efkahfajar, STAND1 ALONE, Oness, Alif Dz, Fadil Channel, Randy Dongseu, Munawir Channel, Cong Brother, Mat Dollar, Desi Urdianti, dan masih banyak lagi. Kalau kita menonton konten-konten mereka, kita bisa menyaksisan langsung bagaimana mereka sangat akrab dengan para pengguna Omagle atau Ome TV dari berbagai belahan dunia.

Banyak di antara kita yang bertanya: “Kok bisa sih mereka asyik banget ngobrol?” “Kenapa sih kalau aku selalu diskip oleh cewek-cewek?”

Karena para youtuber ini sedang mencari konten untuk youtube mereka, tentu mereka telah mempersiapkan banyak hal. Mulai dari menggunakan VPN berbayar, membeli peralatan audio video yang bagus, menyiapkan bahan percakapan, berlangganan wifi yang kencang, dan persiapan lainnya. Kesemuanya itu sangat membantu mereka mendapatkan teman ngobrol yang seru.

Berbeda halnya dengan para pengguna Ome TV biasa. Tak ada persiapan, tapi menginginkan hal serupa. Mereka juga punya tujuan yang jelas yaitu mendapatkan konten. Sedangkan kita tak memiliki tujuan yang jelas. Pengen ngobrol tapi tak siap.

Lantas bagaimana tips agar kamu bisa seperti youtuber tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Tujuan yang jelas

Jika para youtuber itu mempunyai tujuan tertentu, maka kamu juga harus punya tujuan yang jelas. Apakah ingin menambah pertemanan dengan orang asing? Atau ingin memperlancar Bahasa asing? Mencari jodoh orang luar? Atau apa?

Tujuan yang jelas akan memperkuat niat kamu untuk menyiapkan berbagai hal yang kamu perlukan. Jikata tak punya tujuan, maka jangan kesal kalau kena skip terus.

Pasang tampak cakep

Tidak harus ganteng banget atau cantik banget untuk bisa ngobrol asyik dengan bule-bule. Tapi paling tidak harus kelihatan rapi dan manis. Mandi dulu biar muka nggak kusut dan mata belekan. Cukur yang perlu dicukur. Sisiran biar kece.

Ingat, kesan pertama saat orang membuka aplikasi Ome TV adalah visual, dan ini ditunjukkan dari wajah kamu. Jika kamu tampak kusut dan berantakan, nggak ada yang mau ngobrol sama kamu. Dan kamu pun ogah ngobrol dengan orang yang wajahnya berantakan.

Pasang juga wajah termanis kamu. Jangan sampai terlihat murung, bengong, flat, apalagi tampak kesal dan marah. Suasana hati sangat berpengaruh pada air muka. Untuk itu kamu harus bahagia dan ceria agar wajah manis kamu muncul secara spontan dan jujur.

Atur posisi kamera

Atur posisi kamera hape atau laptop kamu dengan baik. Sangat disarankan memasangnya dari sudut pandang normal. Yaitu kamera sejajar dengan mata dalam posisi duduk atau berdiri. Jangan letakkan kamera kamu di bawah wajah (low angle) atau di atas wajah (high angle) karena itu akan menyusahkan orang lain saat memandang wajah kamu yang manis.

Posisi kamera usahakan tidak bertabrakan dengan cahaya lampu atau sinar matahari yang keras karena itu akan menghasilkan backlight sehingga wajah kamu akan tampak gelap. Sedangkan yang terang justru jendela atau lampu yang berada di dalam ruangan. Saying kan wajah kamu yang manis itu jadi gelap?

Posisi kamera kamu usahakan statis. Bila perlu gunakan tripod atau paling tidak tempatkan di atas meja atau rak. Sebab kalau kamu pegang (handheld), maka lawan bicara kamu akan pusing karena kamera kamu terus menerus bergerak.

Gunakan pakaian yang unik

Kamu tidak harus menggunakan jas, batik, atau busana pesta untuk main Ome TV. Tapi cobalah menggunakan pakaian yang unik agar bisa memancing orang-orang luar negeri itu terkesan lalu mengomentari busana atau asesoris yang kamu gunakan.

Ingat lagi, kesan pertama berupa visual itu sangat penting. Jadi kamu bisa gunakan umpamanya peci nasional atau tradisional yang unik-unik seperti blankon, songkok bugis, kopiah rotan, dan sejenisnya. Tentu ini sangat menarik bagi orang bule. Mereka suka pada hal-hal yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Beberapa youtuber kadang menggunakan trik ini juga. Ada yang memakai topeng, kostum cosplay, bahkan gunakan make-up seperti joker atau karakter dalam film.

Jangan sampai kamu tidak berpakaian, ini tentu bukan hal yang baik bagi kamu dan bagi orang lain. Nggak ada yang mau ngobrol dengan orang yang tak berpakaian.

Pilih latar belakang yang menarik

Masih soal penampakan visual, untuk menarik orang lain ngobrol sama kamu, sangat dianjurkan agar kamu menata secara baik dan unik ruangan yang akan kamu gunakan sebagai latar. Misalnya ruangan kamu penuh dengan boneka, atau ada lampu kerlap kerlip, penuh bunga-bunga, ada alat music, ya sesuai selera dan kreatifitas kamu.

Hal ini akan mengundang ketertarikan orang lain untuk mengomentari dan ngobrol asyik dengan kamu. Perhatikan juga penerangan dalam ruangan. Jangan sampai terlalu gelap sehingga cewe-cowo bule itu langsung skip kamu.

Mahir Bahasa Inggris dan Rusia

Kamu sudah manis, posisi kamera sudah bagus, pakaian atau aksesoris juga unik, latar belakang sangat menarik perhatian, tapi kamu nggak bisa Bahasa Inggris atau Bahasa negara yang kamu incar, maka jangan berharap kamu bisa ngobrol lama dengan orang luar. Baru perkenalan mereka langsung kabur.

Ya ini karena kamu nggak nyambung dengan obrolan mereka. Maka sangat penting bagi kamu untuk segera mempermantap Bahasa Inggris kamu. Apalagi jika kamu bisa berbahasa Rusia, tentu hal ini bisa mengejutkan mereka dan mengundang ketertarikan agar bisa ngobrol lebih lama.

Tunjukkan skil kamu

Telah terbukti banyak youtuber yang berhasil karena menampilkan skil mereka. Fiki Naki misalnya dengan kemampuan berbahasa negara Eropa yang aduhai. Ada yang pamer nyanyi, main gitar atau alat musik lain, sulap, tilawah Alquran, skill gombal, dance, menirukan suara hewan, dan lainnya.

“Tapi saya nggak punya skill, Bang?”

Jangan terlalu berkecil hati. Lihat lagi dirimu sendiri dan temukan bakat dan potensi kamu. Insya Allah kamu memiliki itu tapi belum kamu kembangkan.

Semangat!

Bersikap sopan dan membuka diri

Bersikap sopan, berkelakuan baik, berbahasa baik, tentu adalah hal yang penting jika kamu ingin mendapatkan teman orang luar. Jangan suka mencela, berkata kasar dan jorok, meledek, apalagi teriak-teriak nggak jelas.

Jagalah nama baik Indonesia, cuy. Jadilah duta bagi negara kita di dunia internasional dengan berperilaku baik. Ini akan berpengaruh terhadap persepsi orang luar terhadap orang Indonesia. Karena kalau kamu bersikap tidak baik, bisa berdampak buruk bagi orang Indonesia lainnya. Jangan karena kita, dunia internasional bakal mencap buruk seluruh orang Indonesia. Selain itu tentu saja tidak ada orang yang ingin ngobrol meski sebentar dengan orang yang kasar dan pencela.

Kamu juga perlu membuka diri sebelum kamu bermain Ome. Jika kamu menutup diri, yakinlah bukan orang lain yang nggak mau ngobrol sama kamu, tapi kamu sendiri yang bakal skip sana skip sini.

Jaga obrolan yang ringan

Setelah perkenalan bla bla. Carilah obrolan yang ringan-ringan saja. Misalnya menanyakan hobi atau apa yang mereka lakukan di waktu senggang. Jangan coba-coba menanyakan hal-hal yang berat dan sensitif. Misal, bagaimana kondisi politik di negara kamu? Bagaimana kebijakan pemerintah kamu? Hadeuh, pusing, Cuy. Kebanyakan orang main Ome karena ingin cari hiburan.

Berikan pujian

Sering-seringlah memberikan pujian kepada teman bicara kamu di Ome TV. Pujilah kemampuan berbahasa mereka, paras, suara, kostum, riasan wajah, atau kamar mereka. Bikin mereka senang. Siapa tahu nanti bisa jadi jodoh kamu. Hehe.

Jangan sombong, tetap rendah hati

Hindari bicara tentang kehebatan-kehebatan kamu. Jago inilah jago itulah, meski sebenarnya kamu jago. Punya inilah, punya itulah. Kecuali jika mereka sudah tahu kalau kamu sedang bercanda. Usahakan tetap rendah hati meski kamu jagoan dalam hal tersebut.

Misalnya mereka memuji skil berbahasa Rusia kamu, kamu bisa bilang, “Saya nggak jago, hanya bisa sedikit saja.” Tapi saat kamu lancar berbahasa Rusia, mereka akan kaget dan terkesan. Umpamanya kamu jago main gitar, bilang saja kamu lagi belajar. Ternyata setelah kamu main gitar dan mereka melihat kamu ternyata ahli, tentu mereka akan semakin kagum sama kamu.

Humor bikin suasana segar

Ciptakan suasana segar dengan humor. Tapi ingat, joke yang sering kita lontarkan dalam pergaulan sehari-hari belum tentu berhasil bagi orang luar. Untuk itu saat melontarkan humor, segera analisa raut wajah teman bicara kamu. Kalau mereka senyum atau tertawa berarti berhasil. Jika tidak, maka segera minta maaf dan bilang “just kidding.”

Penutupan yang berkesan.

Percakapan kamu telah berlangsung lama dan asyik. Jangan langsung tutup dan ngeskip mereka. Tutuplah dengan kata-kata senang ngobrol dengan kamu dan sampai jumpa. Bila perlu bertukar media sosial agar suatu saat kamu dan dia bisa melanjutkan percakapan lagi dan lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat. Dan sekali lagi “Jaga nama baik Indonesia.”

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: